Ternyata Ini Lho Yang bikin Kram Haidmu Tambah Parah…

Please rate this

Salah satu hal tidak menyenangkan yang pasti dialami oleh tiap kaum hawa adalah saat mengalami haid atau datang bulan. Hal yang dibenci adalah rasa sakit atau kram perut yang biasanya datang tanpa diundang.

Tentunya hal itu membuat aktivitas menjadi terganggu dan terhambat. Nah ternyata ada beberapa kebiasaan yang dapat memperparah kram perut, lho. Kebiasaan apa aja sih kira-kira?

1. Stres

Sebenarnya stres tidak selalu memperburuk nyeri saat haid, tapi stres bisa memperburuk perubahan mood. Kebanyakan orang tidak dapat menghindari stres, tapi mereka dapat melakukan sesuatu yang dapat menenangkan mereka, seperti jalan-jalan, mengobrol, melakukan yoga, mandi air hangat, atau bermain dengan hewan peliharaan.

2. Tidak makan setidaknya tiga kali sehari

3. Latihan tertentu

Penelitian saat ini menunjukkan bahwa olahraga ringan seperti jalan santai di atas treadmill atau latihan dengan dampak rendah seperti yoga dan pilates dapat memperparah ketidaknyamanan seperti rasa sakit dan perubahan emosional.

4. Kafein

Kafein telah terbukti memiliki beberapa aktivitas diuretik yang dapat menyebabkan wanita mudah mengalami dehidrasi. Sementara itu kafein juga dapat berpotensi mengiritasi rahim dan meningkatkan kram.

5. Alkohol dan sesuatu yang manis

Cokelat memang merupakan godaan terbesar apalagi di saat tengah mengalami haid, namun ternyata hal itu dapat memperburuk nyeri. Selain itu alkohol dan sesuatu yang manis dapat menyebabkan lonjakan gula darah, kembung, dan lebih sering mengalami kelelahan.

Nah, apakah ada dari hal-hal di atas yang sering kamu lakukan? Jika ada maka mulai diingat-ingat ya apa aja yang bisa membuat krammu makin parah saat haid, girls. Tentunya gak mau kan jika aktivitas jadi terganggu cuma gara-gara kram?

 

Sumber: idntimes

Leave a Reply

%d bloggers like this: