Konsumsi Jenis Makanan Ini Untuk Mengurangi nyeri Haidmu

Please rate this

Tak dipungkiri jika sayur punya sejuta manfaat untuk tubuh kita. Itu sebabnya, orang tua, guru dan dokter selalu menyarankan kita untuk banyak mengonsumsi sayuran, baik berupa daun maupun buah. Keduanya sama-sama punya manfaat yang dahsyat.

Selain untuk kebugaran tubuh dan kekencangan kulit, sayuran juga mampu mengurangi nyeri haid bagi kaum hawa. Nyeri haid yang biasanya berlangsung selama 2 hari atau lebih pasti cukup mengganggu kenyaman kaum hawa saat beraktivitas.

Nah, berikut ini terdapat 5 sayuran yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi nyeri saat haid. Yuk, simak!

1. Buncis

image: primarasa.co.id

Tidak sulit menemukan buncis di pasar, warung maupun swalayan. Sayur kacang-kacangan ini mengandung serotonin yang membuat wanita bisa tidur dengan nyaman. Dengan tidur berkualitas, rasa sakit di perut bisa diabaikan sementara waktu.

2. Seledri

image: kampustani.com

Ternyata, seledri punya manfaat yang dahsyat bagi tubuh. Meski terlihat hanya sebagai pelengkap atau asesoris makanan, ia punya kemampuan sebagai obat mujarab. Seledri masuk dalm list obat yang punya daya sembuh besar selain jahe, oregano, kayu manis, kunyit, sage, dan bubuk cabai merah. Daun ini mengandung kalsium, protein, asam folat, betakarotin, klorofil, zat antoksidan, zat antibakteri, serta vitamin, A, B12, dan C. Salah satu gangguan yang dapat diobati dengan kandungan tersebut adalah nyeri saat haid.

3. Bayam

image: obatmaagterbaik.com

Sayur ini juga tidak kalah mudah ditemukan di pusat belanja. Rasanya yang segar dan enak bisa kamu nikmati dengan berbagai cara olahan. Bayam mengandung magnesium yang mampu mengatur fungsi otot dan saraf. Itu sebabnya, bayam sangat cocok sebagai alternatif penahan nyeri di perut saat haid.

4. Kangkung

image: kaltara.prokal.co

Sebagaimana bayam, sayuran hijau umumnya mengandung magnesium yang sangat baik untuk otot dan saraf sehingga nyeri pada bagian perut dapat direduksi.

5. Brokoli

image: kampustani.com

Warna hijau pekatnya memang sangat meyakinkan kita akan tingkat gizinya. Brokoli mengandung serat yang tinggi berupa vitamin K yang dapat mengentalkan darah sehingga tidak mudah mengucur dan mengurangi rasa nyeri saat haid. Sayur ini juga sangat mudah ditemukan di pusat belanja kecil maupun besar.

Nah, itulah 5 sayuran yang bisa rutin dikonsumsi untuk meredakan rasa sakit saat haid. Dengan demikian, kamu bisa menerapkannya dan beraktivitas tanpa gangguan.

 

Sumber: idntimes

Leave a Reply

%d bloggers like this: