Ciri-Ciri Keputihan Abnormal, Wanita Wajib Tahu

Please rate this

image: medicalnewstoday.com

Keputihan atau cairan putih yang keluar dari vagina ini sering kali membuat cewek was-was. Walau tidak semua keputihan tandanya tidak normal, tapi bukan berarti cewek harus mengabaikannya begitu saja, ya. Kamu tetap harus waspada keputihan seperti apa yang kamu miliki.

Di bawah ini adalah 7 tanda bahwa keputihan yang selama ini kamu alami itu tidak normal. Jika kamu merasa mengalami tanda-tanda di bawah ini, maka sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter. Karena kalau tidak, bisa berbahaya untuk dirimu sendiri. Selamat menyimak!

1. Terjadi perubahan warna, bau dan tekstur.

Tidak semua keputihan itu abnormal. Keputihan normal terjadi untuk membersihkan vagina dan sebagai tanda kesuburan. Tapi, kalau terjadi perubahan warna, bau dan tekstur itu bisa jadi kamu memiliki infeksi vagina karena bakteri atau jamur. Warna normal yaitu bening atau putih namun akan jadi tidak normal jika warnanya berubah kehijauan dan terdapat bercak darah. Untuk bau, keputihan normal berbau vagina, bukan berbau busuk.

2. Vagina gatal dan terasa seperti terbakar.

Kamu harus peka, jika keputihan kamu menyebabkan vaginamu menjadi gatal dan terasa terbakar, itu bisa jadi karena ada masalah serius di vaginamu. Apalagi kalau sampai vaginamu berwarna kemerahan yang berlebihan dan membengkak. Bisa jadi itu karena infeksi jamur. Segera periksakan ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Berbusa.

Keputihan normal tidak berbusa. Teksturnya sendiri juga ringan dan tidak berat seperti keju. Jika kamu merasa keputihan kamu berbusa dan berbentuk seperti keju, maka itu bisa jadi karena infeksi ragi. Segera periksakan ke dokter jika hal ini terjadi padamu, ya. Jangan sampai kamu menganggapnya normal dan membiarkannya berlarut-larut.

4. Bertekstur encer dengan warna kelabu.

Tanda berikutnya jika keputihanmu termasuk keputihan yang tidak normal adalah keputihanmu terlalu encer dan berwarna kelabu. Ini adalah gejala dariĀ Vaginosis bakterialis. Yaitu penyakit vagina yang disebabkan oleh banyaknya bakteri.

5. Terdapat bercak cokelat kemerahan bukan pada masa menstruasi.

Kamu harus hapal kapan kamu menstruasi karena biasanya cewek akan mengalami keputihan sebelum dan sesudah keputihan. Buat kamu yang mengalami keputihan dengan bercak cokelat kemerahan bukan pada masa menstruasimu, itu bisa jadi karena kamu mengalami infeksi vagina dan harus segera memeriksakannya.

6. Jumlah yang sangat besar.

Jumlah keputihan yang sangat besar juga tidak bisa kamu sepelekan karena hal tersebut merupakan salah satu tanda adanya penyakit kanker serviks. Jika kamu merasa keputihanmu terlalu banyak dan tidak seperti biasanya, maka kamu bisa menganggapnya sebagai keputihan yang tidak normal.

7. Keputihan disertai dengan ruam pada vagina.

Setiap kali kamu mengalami keputihan bukan pada masa suburmu, maka periksa vaginamu apakah terdapat ruam di sana atau tidak. Biasanya, ruam berada di sekitar vagina dan berwarna kemerahan seperti iritasi. Jika kamu menemukannya, maka kemungkinan besar kamu mengalami infeksi jamur.

Jika kamu mengalami 7 tanda di atas, alangkah baiknya kamu untuk menghubungi dokter sesegera mungkin. Cepat peka dengan kesehatan organ intimmu demi keselamatanmu sendiri, ya. Semoga bermanfaat!

 

Sumber: idntimes

Leave a Reply

%d bloggers like this: